Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Sport
Artikel
09 November 2018
5 Hal yang Harus Anda Hindari Usai Berlari

SETELAH LARI menjadi rutinitas selama beberapa waktu, terdapat beberapa hal yang bisa menyabotase hasil aktivitas fisik ini jika Anda melakukan beberapa hal yang tidak benar usai mengayunkan kaki. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari usai berlari agar latihan yang Anda lakukan memberikan hasil maksimal.

1 TIDAK SEGERA MENGGANTI BAJU LATIHAN

Segera ganti baju Anda yang basah dengan keringat. Meski Anda tidak mengeluarkan keringa terlalu banyak, mengenakan baju yang lembab atau basah akan memberikan kesempatan bakteri untuk menempel. Selain itu, baju yang lembab dan basah membuat suhu tubuh Anda menurun dari angka normal, meski di cuaca yang cukup panas. Ini bisa mengganggu proses pemulihan tubuh Anda.Tidak peduli apakah Anda akan langsung mandi atau tidak, segera ganti pakaian, kaos kaki, dan sepatu untuk menjaga otot-otot di tubuh tetap hangat dan lentur. Langkah ini akan memromosikansirkulasi darah yang bagus, yang akan mempercepat proses pemulihan setelah berlari. Dan menjaga aliran darah adalah langkah penting untuk mendistribusikan oksigen segar dan nutrisi yang membantu tubuh menyingkirkan limba metabolik.Melepaskan sepatu setelah berlari memang membuat telapak kaki terasa nyaman. Namun setelah itu pastikan Anda mengenakan sepatu atau sandal yang cukup memberikan dukungan dan kenyamanan pada telapak kaki. Bagaimanapun, otot-otot di telapak jelas dalam kondisi lelah setelah dipakai berlari. Jadi Anda perlu sepatu atau sandal yang memberikan dukungan kenyamanan dan keamanan penuh.

2 ANDA BERISTIRAHAT SEPERTI MATI

Mungkin Anda merasa berhak meringkuk di sofa seharian sembari menonton tayangan TV setelah melakukan latihan lari yang berat. Hindari hal ini. Aktivitas fisik yang ringan adalah perangkat pemulihan yang terbaik karena menjaga darah tetap bergerak di tubuh, yang membantu proses pemulihan dengan memperbaiki dan mengisi ulang energi.Rencanakan melakukan aktivitas fisik ringan sepanjang hari, kendati Anda harus berangkat ke kantor untuk bekerja. Bangun, berjalan keliling, lakukan peregangan ketika berdiri, dan bernapas dalam-dalam. Jika Anda berdiri atau duduk akan menjadi bagian dari rutinitas harian setelah berlari, pertimbangkan menggunakan kaos kaki kompresi untuk menjaga agar darah tidak mengumpul di bagian tungkai kaki bagian bawah.

3 TIDAK MEMASOK NUTRISI DENGAN BENAR

Rencanakan untuk minum dan makan setelah berlari, paling tidak dalam waktu 20-30 menit usah berlatik. Jika Anda harus segera ke kantor atau ada janji lain setelah berlatih, kemas container box dengan cemilan sehat sehingga Anda bisa membawanya dan pergi atau bahkan mungkin makan di kendaraan.Pastikan cemilan Anda melibatkan protein, sedikit lemak, dan karbohidrat kompleks untuk menggantikan energi yang hilang. Opsi terbaik mungkin adalah susu cokelat rendah lamak, sandwich ayam dengan roti gandum, almond, buah-buahan, atau yogurt. Jangan lupa membawa air yang memadai sehingga Anda bisa melakukan rehidrasi sepanjang hari. Selain itu, hindari makan secara berlebihan. Jangan beranggapan Anda bisa makan apa saja karena terlah berlari hari ini.

4 MELAKUKAN PEKERJAAN BERAT

Awalnya mungkin terdengar baik: Saat tubuh masih berkeringat, sekalian membereskan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan selokan, memotong rumput yang mulai memanjang di taman, atau memindahkan perabotan. Namun ini akan membuat otot-otot tubuh Anda merasa sangat lelah, terutama saat Anda dehidrasi atau kekurangan nutrisi setelah berlari. Selain itu, hal ini meningkatkan risiko Anda mengalami cedera. Jika masih memungkinkan, lakukan pekerjaan berat (secara fisik) beberapa jam setelah Anda berlari (saat pemulihan sudah memadai) atau sehari sesudahnya. Akan lebih mudah melakukan pekerjaan berat jika kondisi tubuh Anda sudah pulih sempurna.

5 MENGABAIKAN PROSES PEMULIHAN

Jangan berpikir Anda tidak butuh pemulihan hanya karena berlari dengan kecepatan lambat atau di lintasan yang pendek. Berapapun kecepatan ayunan kaki atau jarak yang Anda tempuh ketika berlari, Anda butuh proses pemulihan. Jaga tubuh Anda dengan benar, seperti yang dilakukan para atlet elit. Dan Anda akan mendapatkan hasil latihan yang signifikan. Selain itu, tubuh Anda akan mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk memulihkan diri.

Part 1 of 5
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....